Pengusaha Ungkap Peran UMKM dalam Pemulihan Ekonomi

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 21 April 2021 22:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 21 320 2398682 pengusaha-ungkap-peran-umkm-dalam-pemulihan-ekonomi-acx8toAij0.jpg Grafik Ekonomi (Foto: Ilustrasi Freepik)

JAKARTA - Ekonomi Indonesia terkena imbas dari pandemi covid-19 yang sudah hampir satu tahun berlangsung. Ada beberapa cara untuk kembali memulihkan perekonomian nasional dari dampak pandemi covid-19 salah satunya adalah dengan mendorong sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Wakil Ketua Umum Kamar Dagang Indonesia (KADIN) Arsjad Rasjid mengatakan, sektor UMKM perlu untuk terus didorong untuk menyelesaikan permasalahan ekonomi bangsa. Pasalnya,UMKM menjadi salah satu sektor penting yang bisa menopang perekonomian nasional.

Baca Juga:  Ekonomi RI Bangkit, Indeks dan Penerimaan Industri Meningkat

"UMKM itu banyak. UMKM itu datang dari berbagai macam industri. Dari setiap industri ini UMKM kita harus melihatnya dengan caranya seperti obat. Obat ini berbeda beda karena penyakitnya berbeda-beda," ujarnya saat ditemui di Hotel Four Seasons Gatot Subroto, Jakarta, Rabu (21/4/2021).

Pria yang mencalonkan diri sebagai Calon Ketua Umum KADIN ini menilai pemerintah juga sangat serius untuk membantu para pelaku UMKM. Salah satu buktinya adalah dengan pembentukan perusahaan induk (holding) BUMN ultra mikro.

Baca Juga:Ekspor Maret Capai USD18,3 Miliar, Sri Mulyani: Sangat Impresif

"Untuk menyiapkan pendanaan khusus untuk UMKM. Jadi persiapan-persiapan ini sedang dilaksanakan insyaallah membuat suatu pondasi," ucap Arsjad.

Namun lagi-lagi lanjut Arsjad, hal yang terpenting dari pemulihan ekonomi adalah memulihkan kembali kesehatan. Karena menurutnya, jika persiapan yang sudah dilakukan sudah matang namun kesehatan belum selesai akan sangat percuma.

"Balik lagi kita mau ngomong bagaimanapun kalau kesehatan belum selesai akan sulit. Jadi kita harus fokus dulu nih memulihkan kesehatan baru membangkitkan ekonomi. Yang bisa dilakukan sekarang adalah menyiapkan pondasi-pondasinya tadi," jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini