Share

Lapor SPT, Menko Airlangga: Bayar dan Lapor Pajak Itu Penting

Antara, Jurnalis · Selasa 08 Maret 2022 16:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 08 320 2558271 lapor-spt-menko-airlangga-bayar-dan-lapor-pajak-itu-penting-3MkjneOpIk.jpg Menko Airlangga lapor SPT (Foto: Antara)

JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto melaporkan SPT Tahunannya bersama pejabat negara lain. Airlangga berharap rasio perpajakan alias tax ratio Indonesia bisa terus membaik dalam satu hingga dua tahun ke depan.

Penerimaan negara pun pada tahun ini berpotensi terus bertambah seiring dengan penerapan Undang-Undang Harmonisasi Perpajakan (UU HPP).

"Kami berharap tahun ini diberlakukan UU HPP sehingga banyak kesempatan yang bisa dimanfaatkan dengan UU tersebut," ucap Airlangga usai melaporkan SPT Tahunan, Selasa (8/3/2022).

Airlangga mendorong agar kesadaran masyarakat semakin meningkat untuk memanfaatkan program yang diberikan oleh UU HPP, sehingga kepatuhan pajak bisa memberikan tambahan untuk penerimaan negara. Adapun kepatuhan pajak juga bisa dilihat dari pelaporan surat pemberitahuan tahunan (SPT) pajak.

Airlangga menilai dengan melaporkan SPT tahunan, masyarakat bisa menunjukkan kecintaan kepada negara karena pajak merupakan sumber penerimaan negara yang terbesar.

"Kontribusi untuk membayar dan melaporkan pajak itu sangat berarti, terutama di saat pandemi pemerintah sudah mengeluarkan banyak program terkait penanganan COVID-19 dan pemulihan ekonomi selama dua tahun ini," ungkap dia.

Pada tahun ini, berbagai program tersebut pun, lanjut dia, belum berakhir sehingga penerimaan pajak menjadi sangat penting.

Pelaporan SPT Tahunan saat ini bisa dilakukan secara daring dengan e-filing yang memberikan kemudahan dalam pelaporan pajak dan tanpa perlu datang ke kantor pajak.

Pengisian SPT melalui e-filing pun bisa dilakukan kapanpun sehingga memberikan kemudahan dalam pelaporan pajak, sehingga bisa memberi kenyamanan bagi wajib pajak untuk melaporkan di tempat masing-masing.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini