Share

Krisis Ekonomi Global, Pengusaha Susun Strategi

Advenia Elisabeth, Jurnalis · Sabtu 11 Juni 2022 20:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 11 320 2609656 krisis-ekonomi-global-pengusaha-susun-strategi-PaIoKFCQp9.jpg KADIN susun strategi di tengah krisis ekonomi global. (Foto: KADIN)

JAKARTA - KADIN Indonesia mengadakan rapat koordinasi menjelang Musyawarah Nasional Khusus (Munassus) KADIN Indonesia 2022 dalam rangka penyempurnaan anggaran dasar (AD) dan anggaran rumah tangga (ART).

Rapat ini dilaksanakan dari tanggal 6 hingga 9 Juni 2022 dengan dihadiri oleh anggota wilayah Barat, Timur, Tengah, serta anggota luar biasa (ALB).

Terdapat 12 Pasal mengenai anggaran dasar (AD) dan 13 Pasal mengenai anggaran rumah tangga (ART) yang diperbarui, serta adanya 3 Pasal tambahan pada anggaran rumah tangga (ART).

 BACA JUGA:Kadin: Jangan Sampai Konflik Ukraina-Rusia Bikin Pebisnis Tak Datang B20 Summit

“Selama 12 tahun ini belum ada penyempurnaan kembali AD/ART dan penyempurnaan ini wajib dilakukan untuk mengokohkan KADIN Indonesia sebagai satu-satunya induk organisasi dunia usaha di Indonesia yang lahir dari Undang-Undang” ucap Arsjad Rasjid, Ketua Umum KADIN Indonesia dalam siaran pers, Kamis (9/6/2022).

Arsjad menambahkan, tak hanya itu, AD/ART juga harus disesuaikan dengan perubahan zaman menuju era digital dan keadaan ekonomi Indonesia, terutama dengan adanya konflik geopolitik Ukraina – Rusia di mana mengakibatkan krisis global di seluruh dunia.

Serta dikhawatirkan dapat menyebabkan timbulnya krisis politik dan krisis sosial.

Menurutnya Indonesia adalah negara non-blok dan independen, yang harus dimanfaatkan untuk bekerja sama dengan semua negara demi kemajuan perekonomian Indonesia, terutama melalui dunia usaha agar menjadi supply chain of the world.

"Namun, kerjasama ini tetap harus mengikuti budaya dan nilai-nilai Indonesia. Maka dari itu, kita harus bersatu dan menyempurnakan AD/ART demi memperkuat internal organisasi KADIN Indonesia sebagai penyeimbang antara pelaku usaha dengan regulasi perekonomian Indonesia,” ujar Arsjad.

Sejumlah pasal yang dipertimbangkan untuk diubah dan di tambahkan di antaranya mengenai perangkat organisasi, keanggotaan hingga ketentuan pelaksanaan kepengurusan KADIN baik di pusat maupun daerah.

Acara Munassus KADIN Indonesia 2022 sendiri rencananya akan diselenggarakan pada 23 Juni 2022 dan akan dirumuskan AD/ART final yang kemudian diajukan untuk disahkan menjadi keputusan Presiden Republik Indonesia (KEPPRES).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini