Share

Orang RI 'Doyan' Ngutang di Pinjol Dibanding ke Bank, Ternyata Ini Alasannya

Ikhsan Permana, MNC Portal · Selasa 13 September 2022 20:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 13 320 2666861 orang-ri-doyan-ngutang-di-pinjol-dibanding-ke-bank-ternyata-ini-alasannya-lCOdTKlHDF.jpg Orang RI doyan ngutang di pinjol (Foto: Freepik)

JAKARTA – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengungkap orang RI lebih doyan ngutang di pinjaman online (pinjol) dari pada di bank.

Kepala Eksekutif Pengawasan Industri Keuangan Non Bank (IKNB) OJK Ogi Prastomiyono mengatakan, masyarakat lebih banyak memilih pinjol untuk mencari pendanaan dibandingkan dengan bank.

Menurutnya, ada berbagai alasan yang mendasari masyarakat lebih memilih pinjol dibandingkan bank, salah satunya karena pinjol lebih mudah diakses dan tidak menerapkan persyaratan yang rumit.

"Jadi di nasabah itu ada yang disebut dengan tidak bankable underserve, memang tidak diterima di bank, bank kan ketat sekali," ujar Ogi dalam Konferensi Pers OJK, Selasa (13/9/2022).

Dia menambahkan, dari riset yang dilakukan oleh OJK, faktor utama masyarakat lebih memilih pinjol adalah terkait dengan aksesibilitas.

Dia menerangkan bahwa banyak masyarakat yang belum terlayani di lembaga keuangan seperti bank, sehingga mereka lebih memilih pinjol untuk mendapatkan uang secara cepat.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

"Kemudian yang UMKM underserve juga masih besar, jadi ini adalah salah satu solusi daripada memberikan suatu inklusif kepada masyarakat yang belum bankable dan belum underserve, itu dilayani oleh ini, jadi sekali lagi, itu mekanismenya itu kayanya pricing tidak menjadi isu utama, tapi kecepatan tadi," terang Ogi.

Sebagai informasi, OJK mencatat fintech peer to peer (P2P) lending pada Juli 2022 terus mencatatkan pertumbuhan, di mana outstanding pembiayaan tumbuh sebesar 88,84% dibandingkan dengan Juli 2021 hingga mencapai Rp45,73 triliun.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini