Share

Masalah Digital Bukan Hanya Berita Hoaks tapi Hal Ini

Ikhsan Permana, MNC Portal · Selasa 22 November 2022 18:37 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 22 320 2712734 masalah-digital-bukan-hanya-berita-hoaks-tapi-hal-ini-QPKbAywnq3.jpg AMSI Ungkap Masalah Platform Digital. (Foto: Okezone.com/MPI)

JAKARTA - Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) mencatat platform digital memiliki banyak manfaat, namun ada masalah yang perlu dicarikan solusinya. Permasalahannya bukan hanya sekedar misinformasi atau berita hoaks, namun ada juga masalah yang disebut dengan misplacement.

"Misplacement itu kira-kira begini, iklan misplacement atau iklan salah tempat. Pernah dengar iklan deodorant nongol di orang bunuh orang? Jadi ada video orang bunuh orang, iklannya deodorant. Nah si deodorant marah, kok bisa brand saya yang saya banggakan nongol di konten orang bunuh orang," jelas Ketua Umum AMSI Wenseslaus Manggut, dalam gelaran Indonesia Digital Conference (IDF) 2022, Selasa (22/11/2022).

Baca Juga: Kemenperin Ungkap Pentingnya Digital bagi Industri Kecil Menengah

Dia menyampaikan, ide terkait penyelesaian masalah misplacement tersebut yakni membentuk lembaga pemantau.

Baca Juga: Wow! Penetrasi Internet di Indonesia Meroket, Lebih Tinggi dari Ekonomi

"Kayanya kita perlu bikin kaya ICW (Indonesia Corruption Watch), tetapi memantau hoaks, misinformasi dan misplacement," ujarnya.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Menurutnya, jika hal tersebut tidak segera dilakukan maka bukan tidak mungkin konten misinformasi akan menjelma menjadi produk yang laku di jual.

"Pokoknya saya create hoaks itu buat saya ia adalah barang yang kalau saya bikin maka dijual dan dia laku. Makin banyak saya produksi, ada iklan yang masuk, dia menjelma menjadi barang yang laku dijual. Saya rasa itu bisa kita pikirkan secara serius," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini