Harga BBM Tak Kunjung Turun, Ini Penjelasan Menteri ESDM

Taufik Fajar, Jurnalis · Senin 04 Mei 2020 12:48 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 04 320 2208828 harga-bbm-tak-kunjung-turun-ini-penjelasan-menteri-esdm-wWzsbRNBla.jpg Harga BBM (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral ( ESDM) Arifin Tasrif memastikan penerapan harga jual eceran bahan bakar minyak (BBM) pada Mei masih sama dengan bulan April 2020 di tengah penurunan harga minyak dunia. Hal ini dikarenakan harga minyak dunia dan kurs yang belum stabil.

"Jadi, kami (Pemerintah) juga masih menjaga harga tetap karena harga minyak dunia dan kurs masih tidak stabil serta dapat turun" ujar Arifin pada rapat kerja virtual bersama Komisi VII DPR, Senin (4/5/2020).

Baca Juga: Ini Formula Baru Harga Minyak Mentah Indonesia

Kemudian lanjut dia, menyikapi hal itu beberapa badan usaha melakukan aksi korporasi antara lain memberikan diskon terhadap pelanggan.

"Lalu dipikirkan juga para nelayan yang menggunakan solar dan LPG di daerah yang memang kesulitan biaya kerjanya," ungkap dia.

Pemerintah juga terus memantau perkembangan harga minyak dunia yang belum stabil atau memiliki volatilitas yang cukup tinggi.

Baca Juga: Komisi VII Minta Menteri ESDM Buka-bukaan soal Harga BBM dan Tarif Listrik

Selain itu, lanjut dia, pihaknya menunggu pengaruh dari pemotongan produksi OPEC+ sekitar 9,7 juta barel per hari pada Mei - Juni 2020, dan pemotongan sebesar 7,7 juta barel per hari pada Juli - Desember 2020 serta 5,8 juta barel per hari pada Januari 2021 - April 2022.

"Harga BBM di Indonesia merupakan salah satu yang termurah di antara negara-negara ASEAN dan beberapa negara di dunia," jelas dia.

Rencana Transaksi Non Tunai di SPBU

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini