Di Hadapan DPR, Kepala Bappenas: Ada Eselon I Terima Bansos

Taufik Fajar, Jurnalis · Rabu 01 Juli 2020 20:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 01 320 2239728 di-hadapan-dpr-kepala-bappenas-ada-eselon-i-terima-bansos-Ajj9VPO3vH.jpg Menteri PPN/Bappenas Suharso (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pemerintah terus memperbaiki sistem penyaluran bantuan sosial untuk masyarakat terdampak virus Corona atau Covid-19. Hal ini dikarenakan bantuan sosial masih ada yang tidak tepat sasaran.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN Bappenas), Suharso Monoarfa mengatakan bantuan sosial (bansos) yang seharusnya untuk masyarakat yang terdampak pandemi virus Corona atau Covid-19, masih ada yang tidak tepat sasaran di lapangan.

 Baca juga: Menko Luhut Bawa Kabar Baik: Indonesia Naik Kelas

Menurutnya, salah satu penyebab tidak tepatnya sasarannya yakni lambatnya pendataan kependudukan. Dirinya bahkan mendapat laporan pejabat eselon I di kementeriannya dan sebagian orang kaya juga turut medapatkan bansos secara paksa.

"Jadi, kita tau seperti orang-orang yang mampu rumahnya gedongan di Jakarta tapi dipaksa untuk menerima bansos. Bahkan di kantor saya eselon I dapat,” ujar dia dalam rapat dengar pendapat (RDP), Komisi VIII DPR RI, Rabu (1/7/2020).

 Baca juga: Mendag Beberkan Daftar Produk yang Tumbuh dan Pulih di Tengah Covid-19

Dia menegaskan kesalahan bukan terletak pada penerima bansos. Namun data yang tercatat sudah basi.

"Mungkin yang dipakai data yang mana, bukan salah Kemensos, yang salah bukan dia yang salah. Di mana waktu pemutakhiran tahun berapa diambil KK untuk Jakarta kan aneh bin ajaib," jelas dia.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini