Pengusaha Muda Minta Erick Thohir Cs Percepat Eksekusi Pemulihan Ekonomi

Aditya Pratama, Jurnalis · Sabtu 25 Juli 2020 13:21 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 25 320 2251942 pengusaha-muda-minta-erick-thohir-cs-percepat-eksekusi-pemulihan-ekonomi-8VTrtypXPl.jpg Erick Thohir (Foto: Okezone)

JAKARTA - Wakil Ketua Umum BPP Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Anggawira meminta agar Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional yang di dalamnya ada nama Menteri BUMN Erick Thohir hingga Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dapat melakukan tugasnya dengan baik. Dia berharap, pembentukan lembaga ini bisa meningkatkan keefektifan implementasi kebijakan pemulihan di masa pandemi.

Anggawira mengatakan, pengusaha yang tergabung di Hipmi sangat berharap dengan hadirnya lembaga ini bisa lebih cepat mengeksekusi program yang selama ini telah disampaikan pemerintah.

"Tapi sekali lagi, keberadaan lembaga ini jangan sampai hanya sifatnya koordinatif tapi lemah dalam tatanan eksekusi," ujar Anggawira dalam diskusi online, Sabtu (25/7/2020).

Baca Juga: Sri Mulyani: Persiapkan yang Terburuk tapi Harapkan Terbaik untuk Ekonomi Indonesia 

Anggawira menambahkan, secara makro program-program penanganan di masa pandemi Covid-19 telah disiapkan secara matang, namun eksekusi yang masih menjadi persoalan saat ini. Dia mencontohkan, program melalui sektor perbankan yang belum jelas terlihat dan kinerja Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang menurutnya kerap melakukan blunder.

"Lembaga baru yang dibentuk ini bisa lebih fokus kepada eksekusi. Jadi, eksekusinya jelas. Ini perlu kita kawal bersama," ucapnya.

Baca Juga: Fakta-Fakta soal 'Pasukan' Pemulihan Ekonomi Nasional dan Penanganan Covid-19 

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo membentuk Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 82 tahun 2020 tentang komite Penanganan Corona Virus Disease 2019 dan Pemulihan Ekonomi Nasional.

Keberadaan Gugus Tugas diganti menjadi Satuan Tugas Penanganan Covid-19 akan berada di bawah Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional. Komite tersebut diketuai oleh Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan Erick Thohir sebagai ketua pelaksana komite.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini