Share

Eks Komisaris Garuda Peter Gontha Bertemu Orang Terkaya Berharta Rp91,5 Triliun, Bahas Apa?

Zikra Mulia Irawati, Jurnalis · Selasa 11 Januari 2022 10:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 11 320 2530359 eks-komisaris-garuda-peter-gontha-bertemu-orang-terkaya-berharta-rp91-5-triliun-bahas-apa-MDbX1yUlEk.jpg Mantan Komisaris GIAA Peter Gontha bertemu Sri Prakash (Foto: Instagram)

JAKARTA - Pebisnis Peter Gontha bertemu dengan orang terkaya keempat RI berharta USD6,4 miliar atau setara Rp91,5 triliun (kurs Rp14.300 per USD). Dia adalah Sri Prakash Lohia, pengusaha multinasional pemilik Indorama Corporation.

“Bersama pengusaha Multi Nasional pemilik Indorama Bapak Sri Prakash Lohia di London, tadi sore tanggal 7 Januari 2022 jam 16.00,” tulis Peter di akun Instagram @petergontha, dikutip pada Selasa (11/1/2022).

Baca Juga: Peter Gontha Sebut Garuda Punya Utang Ratusan Miliar di Traveloka, Jawaban Dirut Mengejutkan!

Lohia lahir pada 11 Agustus 1952 dan besar di India. Dia menempuh pendidikan di University of Delhi kemudian lulus dengan gelar Bachelor of Commerce. Pada 1973, dia bersama ayahnya, Mohan Lal Lohia, pindah ke Indonesia untuk mendirikan Indorama Synthetics.

Perusahaan tersebut terus berkembang hingga akhirnya dapat memproduksi benang pintal pada 1976. Seiring berjalannya waktu, Indorama pada 1991 melakukan diversifikasi dan menjangkau industri serat poliester. Resin poliester botol (PET) sendiri mulai diproduksi pada 1995.

Baca Juga: Bereskan Utang Garuda Indonesia, Peter Gontha Sarankan ke Jalur Hukum

Pada 2006, Lohia merambah ke industri petrokimia dengan mengakuisisi sebuah pabrik olefin terintegrasi yang berlokasi di Nigeria. Kini, perusahaan itu menjadi perusahaan petrokimia terbesar di dunia sekaligus produsen olefin terbesar kedua di Afrika.

“Seorang pengusaha kaliber dunia yang mempunyai Industri di Amerika Serikat, Indonesia, Afrika dan Eropa , tidak banyak yang mengenalnya,” sambung Peter.

Saat ini Lohia menetap di London, Inggris. Dia tetap menjadi ketua Indorama Corporation yang berpusat di Singapura. Sementara itu, anaknya, Amit Lohia, menjadi wakilnya.

“Perjuangan Hidupnya luar biasa. bertemu beliau bangga sebagai orang Indonesia,” pungkas Peter.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini